Image
21 01

Asal Usul Danau Kelimutu

Benjamin

Di suatu desa terdapat sebuah kampung yang di dalamnya terdapat seorang nenek dan ata poli. Nenek itu sangat baik hatinya dan ata polo jahat orangnya. Pada suatu hari mereka adalah nuwa muri jemu yang artinya pemuda dan pemudi. Kedatangan kedua orang asing itu tidak diketahui oleh ata polo karena ata polo adalah seorang pemakan manusia. Nenek tua itu tidak tega kalau pemuda dan pemufi itu dimakan oleh ata polo maka nenek tua itu membawa pemuda dan pemudi itu ke kebun dan do sembunyikannya di dalam pondok nenek tua itu.


Akhirnya pada suatu hari ata polo ingin berkunjung kekebunya nenek tua itu maka dihirupnya bau-bau darah manusia akhirnya ota polo bertanya kepada nenek tua itu manakah manusia yang kau sembunyikan itu tapi nenek tua itu mnejauh, ia... aku menyembunyikan dua orang anak manusia tapi mereka masih kecil ` bisa untuk dimakan tunggu mereka besar dulu baru kau makan ata pulo pun mengangguk dan pulang.


Sewaktu pemuda dan pemudi itu sudah besar maka ata polo menagih janjinya pada nenek tua itu, tapi nenek tua itu pada marahlah ata polo itu dan bertempurlah ata polo dan nenek tua itu. Kekuatan mereka sama-sama kuat gunung-gunung mereka tenggelamkan maka terbentuklah sebuah danau yang disebut danau kelimutu yang ada tiga warna dan nama ketiga danau itu adalah ata bupu, nuwa muri jemu dan ata polo.


Karya: Ocha Male - Sekolah SDK Marsudirini, Kelas 7A



User Comments